Acara Pemeringkatan dan Bimtek INDEKS Keamanan Informasi

Tags :
Date :29 Mei 2017

Pada acara kegiatan Bimbingan Teknis INDEKS KAMI dan Pemeringkatan Keamanan Informasi yang diadakan pada tanggal 16 s.d. 17 Mei 2017 di Hotel Harris Ciumbeliut Bandung,  Sambutan  Direktur Keamanan Informasi dalam mengatakan serangan ransomware WannaCry berdampak pada 12 institusi di Indonesia. "Laporan yang kami terima ada sekitar 12 institusi yang masuk dan terkonfirmasi, namun bisa saja itu lebih," kata (Direktur Keamanan Informasi) Aidil Chendramata di Bandung, Rabu (17/5/2017).

 


 

Lebih lanjut Direktur Keamanan Informasi  menjelaskan, institusi yang komputernya terkena dampak virus tersebut tersebar di Jakarta dan sejumlah daerah, termasuk Sulawesi. Institusi tersebut bergerak di bidang perkebunan, manufaktur, kesehatan, pendidikan, dan layanan umum seperti Samsat. "Namun secara umum tidak signifikan dibanding dengan negara-negara lain, ini karena bantuan media-media yang secepatnya dan terus menerus mengingatkan kepada masyarakat," kata Direktur Keamanan Informasi.

Untuk itu, Direktur Keamanan Informasi menyarankan kepada seluruh masyarakat untuk mengantisipasi ancaman dengan rutin mengganti kata sandi masuk akun surat elektronik (surel) dan pin ATM. "Lakukanlah secara reguler backup data kemudian pembaruan software atau mengunduh anti virus dengan versi terbaru," kata dia.

Penulis Subiakto