Imgur Diretas, Jutaan Akun Jadi Korban

Tags :
Date :27 November 2017

Jakarta - Pengguna situs Imgur yang sudah terdaftar sejak 2014 sepertinya perlu mengganti password akunnya, karena situs tersebut baru-baru ini jadi korban peretasan.  Imgur pada Jumat (24/11/2017) lalu mengakui kalau situsnya dijebol hacker, yang menyebabkan alamat email dan password penggunanya bocor ke tangan hacker. Jumlah pengguna terdaftar Imgur sejak 2014 itu disebut mencapai 1,7 juta.

Untungnya, Imgur tak menyimpan nama, alamat ataupun nomor telepon penggunanya, sehingga si hacker hanya bisa mencuri alamat email serta password pengguna. Namun yang jadi masalah adalah jika si pengguna menggunakan alamat email serta password yang sama untuk layanan lain.

Imgur menyadari kalau situsnya jadi korban peretasan setelah Troy Hunt, yang mempunyai layanan notifikasi Have I Been Pwned mendapatkan data peretasan itu dan memberitahukannya ke Imgur, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (27/11/2017).


Foto: Gettyimages

 

 

Imgur sendiri tengah menyelidiki insiden peretasan ini, dan yakin kalau si hacker menggunakan algoritma jadul dan mengkombinasikannya dengan sistem brute force untuk menjebol sistem Imgur. Sistem keamanan Imgur sendiri sudah diperbarui dengan enkripsi baru pada 2016.

Sebagai informasi, Imgur adalah situs penyimpan foto yang banyak digunakan orang untuk membagikan foto di dunia maya. Tautan foto dari Imgur seringkali di-embed di berbagai situs populer lain.

 

Senin, 27 Nov 2017 12:59 WIB

Anggoro Suryo Jati - detikInet

https://inet.detik.com/security/d-3744913/imgur-diretas-jutaan-akun-jadi-korban