Pentingnya Kesadaran Keamanan Informasi

Tags :
Date :05 April 2016

Tangerang Selatan, Kominfo- Dewasa ini peningkatan kesadaran keamanan informasi sangatlah penting, tak terkecuali sektor – sektor strategis yang ada di Indonesia. Untuk peningkatan kesadaran keamanan informasi sudah menjadi bagian dari tugas Kementerian Kominfo melalui Direktorat Keamanan Informasi. Salah satunya diwujudkan dengan kegiatan Sosialisasi Kesadaran Keamanan Informasi Bagi Sektor Strategis yang diselenggarakan pada tanggal 29 – 31 Maret 2016 di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang Selatan. Acara yang dibuka oleh Dirjen Aptika Kementerian Kominfo ini dihadiri oleh beberapa sektor strategis yang tentunya harus memiliki tingkat kesadaran keamanan informasi. Dalam sambutannya Bambang Heru Tjahyono selaku Dirjen Aptika menyebutkan, “Tantangan pengelolaan keamanan informasi di Indonesia saat ini masih terbilang sangat besar, terutama yang meliputi koordinasi antar lembaga instansi pemerintah yang masih lemah”.

Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini telah menjadi suatu kebutuhan seluruh instansi, baik Pemerintahan maupun swasta yang ada di Indonesia. Pengelolaan TIK harus didukung dengan keamanan informasi agar kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi dapat terjaga dari segala ancaman yang akan mengganggu keberlangsungan kinerja organisasi, khususnya penyelenggaraan TIK dalam lingkup pemerintahan.

Maka dari itu saat ini Kementerian Kominfo melalui Direktorat Keamanan Informasi sedang merumuskan RPM tentang Rujukan Standar Keamanan Informasi Bagi sektor Strategis. Dalam RPM ini nantinya akan mengeluarkan suatu daftar rujukan standar yang dapat diterapkan oleh setiap masing – masing sektor strategis. “Jika peraturan ini nantinya sudah disahkan, maka setiap sektor strategis wajib menerapkan suatu standar untuk keamanan infromasinya”, tambah Bambang.

Dalam acara yang berlangsung dengan suasana santai ini, dihadirkan pula pembicara dari masing – masing sektor strategis yang menjelaskan penerapan kebijakan keamanan informasi pada masing – masing instansinya. Hadir pula praktisi Gildas Deograt dan Ariyanto GM Network PT. Telkomsel memberikan penjelasan terkait isu – isu strategis terkait keamanan informasi yang sedang berkembang pada saat ini. Harapannya dari kegiatan sosialisasi ini akan meningkatkan kesadaran keamanan informasi yang berguna mewujudkan good Corporate Governace. (pip)