Penyerahan Hasil Indek Keamanan Informasi 2017

Tags :
Date :13 Desember 2017

Penyelenggaraan Penyerahan hasil Keamanan Informasi dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kominfo. dimulai pukul 09.00 WIB s.d.14.00 WIB. Pada hari Kamis 6 Desember 2017, menghadirkan 2 (dua) narasumber utama, yaitu Direktur Keamanan Informasi Bapak Aidil Chendramata, dan Bapak Haryatno. Penyerahan hasil Keamanan Informasi tersebut dihadiri oleh Dinas-dinas yang menangani urusan komunikasi dan informatika Kabupaten/Kota se-Indonesia. Beberapa perusahan BUMN turut serta dalam kegiatan ini.

Kegiatan Pemeringkatan Indeks Keamanan Informasi atau Pemeringkatan Indeks KAMI. Indeks KAMI adalah alat evaluasi untuk menganalisa tingkat kesiapan pengamanan informasi pada instansi Penyelenggara Pelayanan Publik dan bertujuan untuk memberikan gambaran kondisi kesiapan (kelengkapan) keamanan informasi kepada pemimpin instansi, sesuai kaidah dalam ISO /IEC 27001;2013.  Dalam sambutannya Direktur Keamanan Informasi Bapak Aidil Chendramata mengatakan sejak tahun 2011 sampai dengan tahun 2017 telah melaksanakan Pemeringkatan Indeks KAMI pada 272 instansi yang terdiri dari Kementerian/Lembaga Pusat, Pemerintah Dearah, BUMN, Instansi Sektor Strategis dan Organisasi.

 

Foto Dokumentasi Kegiatan

Pemeringkatan Indeks Keamanan Informasi 2017 telah dilakukan terhadap 46 instansi yang terdiri dari :

a. 8 Kementerian Lembaga Pusat;

b. 29 Pemerintah Daerah;

c.  9 BUMN/Instansi Sektor Strategis

Dari Hasil Pemeringkatan Indeks KAMI Tahun 2017, rata-rata nilai area yang paling tinggi yaitu Teknologi Keamanan Informasi.  Nilai Pengelolaan Resiko Keamanan Informasi mengalami peningkatan pada tahun 2016 sehingga tidak lagi menjadi area dengan nilai rata-rata terkecil.  Area dengan nilai rata-rata paling kecil pada Pemeringkatan Indeks KAMI 2017 yaitu kerangka kerja keamanan informasi.