Tips keamanan jejaring sosial untuk pelajar

Tags : awareness,security
Date :20 Januari 2015

Jaringan sosial telah membantu untuk menghubungkan remaja dengan cara yang cepat, menyenangkan dan fenomenal luas. Dan mereka dapat terus menjadi menyenangkan dan aman, selama kita mengambil beberapa tindakan pencegahan sederhana di sepanjang jalan.

Jadi, bagaimana Anda menjaga diri Anda aman di jaringan sosial?

Gunakan nama nick atau nama kode.
Cara terbaik adalah untuk tidak menggunakan nama asli Anda atau menggunakan nama yang mungkin bernada seksual atau menyinggung orang lain dengan cara apapun. Hal ini dapat membantu mengurangi kemungkinan Anda dilecehkan secara online.

Mengatur profil Anda untuk pribadi.
Situs jejaring sosial dapat menjadi alat yang hebat untuk menghubungkan dengan orang lain. Cara yang baik untuk tetap aman saat menggunakan layanan ini adalah untuk mengatur profil Anda untuk pribadi. Dengan cara ini, hanya orang yang Anda undang dapat melihat apa yang Anda posting.

Menjaga informasi pribadi untuk diri sendiri.
Hal terbaik untuk tidak berbagi alamat, nomor telepon Anda atau informasi pribadi lainnya secara online dengan orang asing adalah. Jangan mengungkapkan lokasi Anda yang sebenarnya atau kapan dan di mana Anda berencana untuk berada di suatu tempat.

Pikirkan tentang apa yang Anda posting.
Berhati-hatilah dalam berbagi foto provokatif atau detail intim online, bahkan dengan orang yang Anda kenal atau bahkan dalam email atau teks percakapan pribadi. Informasi atau percakapan dapat disalin dan dipublikasikan oleh siapa Anda berbagi dengan, dan sulit untuk mendapatkan dihapus. Ingat: apa yang Anda katakan di chat room atau sesi instant messaging adalah hidup. Anda tidak dapat mengambil kembali atau menghapusnya nanti.

Jauhkan perangkat lunak keamanan Anda up-to-date.
Situs jejaring sosial yang sangat populer. Karena ada begitu banyak orang menggunakan mereka, penjahat cyber telah dikenal untuk menggunakan taktik tersembunyi untuk menginfeksi komputer dari orang yang menggunakannya. Jadi, pastikan bahwa komputer yang Anda gunakan untuk mengakses situs jejaring sosial dengan baik dilindungi oleh firewall dan anti-virus sistem.

Baca antara 'garis'.
Ini mungkin menyenangkan untuk bertemu orang baru online untuk persahabatan atau percintaan, namun perlu diingat bahwa, sementara beberapa orang yang bagus, orang lain bertindak bagus karena mereka mencoba untuk mendapatkan sesuatu. Pesan menyanjung atau mendukung mungkin lebih tentang manipulasi dari persahabatan atau percintaan.

Hindari pertemuan di-orang.
Satu-satunya cara seseorang secara fisik dapat membahayakan Anda adalah jika Anda berdua di lokasi yang sama, sehingga - untuk menjadi 100% aman - tidak menemui mereka secara pribadi. Jika Anda benar-benar harus bersama-sama dengan seseorang yang Anda telah 'bertemu' online, jangan pergi sendirian. Memiliki pertemuan di tempat umum, memberitahu orang tua atau beberapa cadangan padat lainnya, dan membawa beberapa teman bersama.

Menyenangkan online.
Memperlakukan orang dengan cara yang Anda ingin diperlakukan. Melecehkan atau intimidasi siapa pun secara online, jika dianggap mengancam, juga dapat dianggap sebagai tindak pidana.

Pikirkan tentang bagaimana Anda merespon.
Jika seseorang mengatakan atau melakukan sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman, memblokir mereka dan tidak merespon. Jika mereka terus, biarkan orang tua atau orang dewasa lain tahu. Jika pesan mengancam dengan cara apapun, menyimpan pesan dan memberitahu orang tua Anda, karena hal ini dapat dianggap sebagai tindak pidana.

Jadilah cerdas ketika menggunakan ponsel.
Semua tips yang sama berlaku dengan ponsel seperti komputer. Kecuali ponsel dengan Anda di manapun Anda berada, sering jauh dari rumah dan sistem dukungan biasa Anda. Hati-hati tentang siapa Anda memberikan nomor Anda dan bagaimana Anda menggunakan GPS dan teknologi lainnya yang dapat menentukan lokasi fisik Anda.